Batu Pandang Ratapan Angin

Dieng Plateu Aug 15, 2020

Halo kawans, gemana kabar?

Semoga tetap sehat ya ditengah pandemi virus corona-19 ini.

Berhubung sekarang lagi libur panjang karena Memperingati Hari Proklamasi RI ke-75 + Hari Tahun Baru Islam + ada cuti bersama setelahnya hehehe.., jadi aku mau cerita sedikit tentang liburan aku dan teman-teman aku minggu lalu yaitu ke Dieng Plateu. Ke Diengnya kami ikut open trip gitu jadi digabung dengan kelompok lain. Total kelompok aku ada 8 orang ditambah dengan kelompok lain jadinya ada 30 orang.

Sebenernya liburan ke Dieng udah pingin banget dari tahun lalu, tapi gak kesampean karena kejauhan dan dikit yang mau waktu itu, jadinya ditunda deh.

Selama di Dieng ada beberapa destinasi seru yang kami kunjungi, ada Batu Angkruk, terus ke Kawah Sikidang, Batu Ratapan Angin, dan ke Komplek Candi Arjuna. Biar lebih enak dibaca, aku bakal bagi cerita ke Dieng ini jadi beberapa bagian sesuai dengan urutan tempatnya yang kami kunjungi.


  1. Batu Pandang Ratapan Angin

Ini destinasi pertama yang kami kunjungi, tepatnya sehabis makan Mie Ongklok kami langsung diarahin ke Batu Pandang Ratapan Angin. Objek wisata ini tepatnya ada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Jaraknya sekitar 27 km dari Wonosobo dan ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Di Batu Pandang Ratapan Angin ini ada banyak spot foto yang yang keren-keren, yang hampir semuanya ada di atas batu-batu yang besar. Dari atas batu ini, kita bisa ngeliat hutan-hutan hijau, Telaga Warna, dan Telaga Pangilon yang juga jadi destinasi favorit kalau ke Dieng. Kedua telaga itu posisinya bersebelahan banget tapi warna airnya beda. Yang telaga warna airnya warna hijau, satunya lagi telaga pangilon warnanya agak lebih jernih kayak warna telaga kebanyakan.

Selain bisa berfoto di atas batu, kita juga bisa foto sama penunggu Batu Pandang Ratapan Angin loh. Penunggunya namanya "Popo" si burung hantu. Tenang, si Popo ini jinak kok soalnya udah dilatih biar mau diajak foto. Tapi waktu aku ajak foto, dia agresif untungnya setelah dirayu sama pawangnya akhirnya mau juga diem bentar buat diajak foto.

Okeh, selanjutnya habis dari Batu Pandang Ratapan Angin kami check in ke penginapan + makan siang disana. Lalu sorenya setelah istirahat, kami mengunjungi destinasi selanjutnya yaitu Kompleks Candi Arjuna.

Tags

Mahardika

Eat, Pray, Love

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.