Kawah Sikidang

Dieng Plateu Aug 16, 2020

Alright guys,
Setelah sebelumnya kami ke Batu Pandang Ratapan Angin, Kompleks Candi Arjuna dan Batu Angkruk, Kawah Sikidang adalah destinasi terakhir kami di Dieng Plateu sebelum kembali ke Jakarta.

  1. Batu Pandang Ratapan Angin
  2. Kompleks Candi Arjuna
  3. Batu Angkruk

Segera setelah kami sarapan dan check out, kami langsung diantar ke Kawah Sikidang. Waktu itu sekitar pukul 9an lebih dan di sana sudah ramai dipadati wisatawan dan bahkan menimbulkan kemacetan disepanjang perjalanan kami dari penginapan ke tempat tujuan.

Kawah Sikidang sendiri terletak di Dieng Kulon, Banjarnegara Jawa Tengah. Kawah ini salah satu kawah vulkanik yang ada di dataran tinggi dieng, yang masih aktif tapi memiliki kadar belerang yang rendah jadi masih aman untuk dikunjungi. Konon menurut legenda, pemberian nama Kawah Sikidang itu sendiri karena letak letupan-letupan kawah yang suka berpindah-pindah yang diibaratkan seperti seekor kidang (kijang) yang suka melompat-lompat. Saat ini kawah utama di tempat ini berada kurang lebih 1km dari pintu masuk kawah. Di bagian depan setelah pintu masuk, masih terlihat bekas kawah terdahulu yang cukup besar dan kadang juga mengeluarkan asap.

Biarpun masih pagi, ternyata cuaca di Kawah Sikidang waktu itu panas sekali ditambah dengan bau belerang yang menyengat kalau berada di dekat kawah, alhasil tidak banyak foto yang kami dapatkan disana. Di dekat kawah utama, ada satu bukit batu yang lumayan tinggi dan banyak wisatawan yang naik kesana, sekedar untuk mengambil foto pemandangan kawah di bawahnya dan melihat wisatawan-wisatawan lain yang keliatan kecil kalau dari atas hehehe..

Alright guys,
Itulah sedikit cerita aku ke Dieng Plateu bersama temen-temen aku. Ini perjalanan yang singkat dan jauh, tapi punya kesan tersendiri buat aku. Dieng ini selalu buat penasaran, terlebih belum kesampean juga niatku ke Bukit Sikunir yang masih bikin penasaran sampek sekarang. Semoga lain waktu bisa balik lagi ke Dieng bareng yang lain, dan bisa explore Dieng dari tempat yang baru.


Oiya, sampek lupa buat ngenalin temen-temen yang aku ajak ke Dieng.

Dieng Squad - Agustus 2020

Pertama mulai dari barisan belakang yang pakai hijab pink, namanya Mba Etika. Dia ini udah pernah ikut juga waktu trip ke Baduy Dalam tahun 2019 terus tiba-tiba dia berubah pikiran buat ikut juga ke Dieng kali ini.
Terus disampingnya ada Mba Imah, dia juga pertama kali aku kenal waktu trip ke Baduy dan lanjut ke trip ke Dieng ini.

Disamping Mba Imah ada Reza. Reza ini temen seangkatannya Yuda (orang disampingnya) waktu SMA, dan ini trip pertama aku bareng dia. Lanjut ada Yuda, photographer kami. Yuda ini dulu udah pernah ikut juga ke Pulau Sangiang dan kalau ada trip lagi, mesti banget ngajak dia, fotonya bagus-bagus soalnya hehe... Lanjut di barisan depan ada Mba Ulfa, sepupunya Mba Imah. Ini trip pertama aku juga bareng dia, semoga bisa ikut lagi di trip selanjutnya.

Next disampingnya ada Desy. Desy ini temen seangkatan aku di kampus dulu dan udah sering juga trip bareng sama dia, mulai dari Gunung Papandayan, Sangiang, Baduy, terus terakhir ke Dieng ini. Orangnya woles banget kalau diajak kemana-mana. Terus disampingnya Desy ada Adek. Adek ini orang yang paling semangat buat trip ke Dieng, dia juga orangnya rame banget jadi pasti gak bakal ngantuk kalau ada dia hehehe...

Okeh, sekian dulu ya cerita kali ini, semoga bisa menghibur temen-temen semua.
See you guys on the next trip.


EOF

Tags

Mahardika

Eat, Pray, Love

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.