Kebuh Teh Puncak Gunung Mas

Puncak Bogor Sep 10, 2020

Mendengar kata "Puncak" sudah pasti banyak orang-orang dari kawasan metropolitan mengidentikkan dengan Bogor dan Cipanas. Yap thats right!. Hampir setiap weekend kawasan Puncak-Jawa Barat selalu ramai dikunjungi wisatawan apalagi long weekend, gak heran kalau pemerintah setempat melaksanakan sistem buka tutup

Pergi ke Kebun Teh Gunung Mas, bukanlah kali pertama ku di tahun 2020, tapi di tahun 2015 dan 2017 saya sempat juga berkunjung ke kebun teh ini. Jangan ditanyalah dalam rangka apa, yang penting ada dokumentasinya loh kawan :), tapi yang ditahun 2017 entah dimana ha..ha...ha,

Nah travellers, awal Agustus 2020 lalu, saya kembali berkesempatan untuk berlibur setelah lama berada di dalam ruangan 2x3 meter. Hari itu kamis pagi-pagi pukul 05.30 saya dan 7 orang kawan meluncur menggunakan 4 motor ke kawasan puncak. So pasti kita menjadi anak racing kawan he..he..he. Dengan kecepatan 60-80 km/jam, pukul 09.00 kami tiba di destinasi liburan pertama yaitu Kebun Teh Puncak Gunung Mas.

Kawasan Kebun Teh Puncak Gunung Mas, merupakan agrowisata yang dikelola pemerintah, berada pada ketinggian 800-1.200 mdpl. Suhu rata-rata di sana antara 12-22 derajat celsius. Itulah sebabnya area ini sangat cocok digunakan sebagai pelepas kejenuhan rutinitas. Agrowisata ini dulunya adalah perkebunan milik PTPN VIII, namun sekarang sudah tidak berfungsi lagi, tak heran jika kita berkunjung ke sana terdapat pabrik tempat pengolahan teh yang tidak lagi di fungsikan, terlihat seperti museum pabrik. Ini kawan penampakan perkebunan Teh Gunung Mas,

Oh ya kawan, ketika kita berkunjung ke Agrowisata Gunung Mas ini, setiap orang wajib membayar tiket masuk 20.000 rupiah. Harga ini sebanding dengan pemandangan yang bisa kalian nikmati. Kawan, berbicara tentang teh, perlu diasah pengetahuan kita. Terdapat 3 jenis daun teh yang bisa kita olah,

1. White Tea, daun teh ini merupakan ujung putik dari setiap tanaman teh. Biasanya jenis daun ini masih kuncup dan belum mekar. Khasiat white tea memang paling bagus, apa itu? kalian bisa googling he..he. Jangan tanya harga ya kawan, white tea per 100gr bisa mencapai lebih dari 200rb rupiah. Untuk itu jika dijalanan ada yang mengaku white tea dengan harga miring abaikan saja, itu pasti fitnah!
  2. Green Tea, nah kawan mungkin tidak asing lagi dengan istilah green tea. Daun teh ini merupakan layer 2-3 dibawah pucuk. Biasanya daunnya berwarna hijau muda dan masih sedikit menggulung. Green tea masih mudah kita dapatkan dimana saja, termasuk di Kebun Teh Gunung Mas, terdapat warung-warung yang menjual daun teh keringnya.
  3. Black Tea, kawan mungkin sering membeli berbagai jenis minuman teh, sebut saja teh sosro, teh celup sariwangi, teh kotak, teh gelas, dan produk teh lainnya (Promosi sedikit ya ha..ha..ha). Teh yang digunakan adalah jenis black tea, berada pada layer 4-5 dengan harga yang paling murah dari jenis teh yang ada.

Lanjut ya kawan ceritanya, sebelum menuju ke Gunung Mas, kami sempat sarapan bubur ayam dulu di pinggir jalan, namanya juga backpaker yang ngebolang, di jalan makan? okelah ya :). Usai sarapan kami berjalan ke Gunung Mas dan melakukan tracking rute pendek kurang lebih 1-2 km. Sepanjang perjalanan hamparan kebun teh memanjakan mata kami sejauh memandang. Terdapat juga beberapa rombongan wisata yang gak mau kalah dengan team kami. Kebun Teh ini pada dasarnya sangat bagus, namun mungkin karena dana operasionalnya terbatas, terlihat seperti kurang dirawat. Tapi jangan sedih kawan, masih bagus kok jadi objek foto

Seusai kami puas berselfi ria dan bertiktok ria di area kebun teh ini, kami melepas lelah sejenak di warung yang ada di sekitar. Semangkung soto mie bogor siap saya santap pagi itu, kalau inget...inget bikin ngiler kawan, mie nya, kuahnya, hmmmmm..... bikin lidah menggeliat ha..ha. Dengan diminumnya air mineral yang kami beli, usai sudah acara memanjakan perut di Gunung Mas. Waktu menunjukkan pukul 10.30, kami bersiap-siap melanjutkan perjalanan racing kami ke destinasi lain yang ada diseputaran Puncak. Penasaran trip selanjutnya kemana?, selalu ikuti terus catatan perjalanan wisataku ya kawan :). Sebelum pergi ke wisata berikutnya, ini saya beri foto-foto terbaik kami, para pelaku wisata he..he. Sekedar informasi juga, di kawasan wisata ini kita juga dapat menaiki beberapa wahana seperti berkuda, flying fox, dan lain sebagainya. Bagi kawan yang punya budget lebih boleh sekali mencobanya, nanti info ke kami ya pengalaman serunya.

Tags

Made Adhyatma

Always Keep Smile, Than You Show What You Feel :)

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.